Tujuan
- Menghasilkan lulusan Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra yang berkualitas dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
- Menghasilkan tenaga edukatif yang memahami teori dan metodologi sebagai pendekatan interdisiplin sehingga mampu mengembangkan teori dan penerapannya di berbagai bidang kehidupan.
- Menghasilkan penelitian Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra.yang aktual, relevan, dan bermanfaat bagi lingkungan keguruan dan kependidikan, serta masyarakat luas.
- Memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui hasil penelitian dan kajian ilmu Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra.
- Memiliki sivitas akademik Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra yang bertaqwa kepada tuhan yang mahas esa, etos kerja yang tinggi, bertanggungjawab dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Memberdayakan tenaga keguruan dan kependidikan melalui kerja sama dengan institusi terkait.
Sasaran dan Strategi Pencapaian
Dalam mewujudkan Visi, Misi dan Tujuan serta Sasaran, Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra memiliki Rencana Strategis 2018-2022, rencana startegis ini memliki tahapan yang jelas serta capaian yang realistik. Adapun sasaran yang ingin di capai oleh Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra adalah:
No | Sasaran | Strategi Pencapaian | Program |
A.    Bidang Tata Kelola | |||
1 | Terwujudnya tata kelola yang baik dan benar dengan dicirikan adanya SPMI yang komprehensif, mencakup Standar Nasional Dikti (SN Dikti) dan Standar Tambahan yang termuat dalam Standar Turunan dari (SN Dikti) dan Standar Perguruan Tinggi | Penatatan tata Kelola yang baik dan benar | 1.    Penyusunan Tupoksi di Fakultas Pendidikan Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra
2.    Perumusan Rencana Strategis Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra 3.    Perumusan Renstra Program Studi IPS, PKN, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Program Studi PGSD. 4.    Penyusunan Standar Operasional Prosedur |
Melaksanakan Analisis dan Perancangan Terhadap Kebutuhan Struktur Organisasi Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra | 1.    Penguatan Unit Penjaminan Mutu Fakultas dan Gugus Kendali di Lingkungan Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra
2.    Pembentukan Sistem Pengawasan Internal 3.    Pengembangan Program Studi Baru di Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra 4.    Akreditasi Prodi Internasional |
||
2 | Pencapian dan Pengakuan Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra pada tataran Regional untuk menuju pengakuan Nasional | Peningkatan status akreditasi program studi | 1.    Pengajuan usulan akreditasi bagi program studi baru
2.    Pengajuan akreditasi ulang untuk program studi lama |
Penerapan ISO 9001:2015 | 1.    Pembentukan Tim ISO (Management Representative)
2.    Implementasi dan Pengajuan Sertifikasi ISO |
||
3 | Peningkatan kuantitas dan kualitas kerja sama kelembagaan dengan institusi bertaraf nasional dan Internasional | Kemitraan dengan lembaga eksternal | 1.    Menjalin kerjasama dengan instansi swasta, pendidikan dan pemerintah
2.    Menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi Nasional 3.    Menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi Internasional 4.    Melaksanakan magang sebagai upaya pencangkokan sistem administrasi dengan institusi luar |
4 | Peningkatan tata kelola perkantoran dan adminitrasi yang baik | Peningkatan fungsi Kontrol | Pelaporan kinerja Prodi di Lingkungan Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra |
Perbaikan manajemen administrasi | 1.    Kegiatan evaluasi pelaksanaan kerja beserta penetapan standar kinerja
2.    Peninjauan standar kinerja organisasi 3.    Pelatihan peningkatan kinerja tenaga adminsitrasi |
||
B.    Bidang Akademik | |||
1 | Terwujudnya suasana akademik yang baik | Peningkatan jumlah diseminasi ilmiah melalui karya dosen dan mahasiswa | 1.    Penyelenggaraan forum ilmiah dan bedah buku
2.    Menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah dosen dan mahasiswa 3.    Penyelenggaraan seminar internasional 4.    Optimalisasi pengenalan pengenalan sistem akademik 5.    Peninjauan dan penyelarasan buku pedoman akademik |
Penyediaan sarana dan prasarna penunjang suasana akademik | 1.    Penyediaan ruangan diskusi antara dosen dan mahasiswa
2.    Penyediaan fasilitas internet dan komputer 3.    Penyediaan platform e-learning |
||
2 | Kurikulum program studi di lingkungan Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra sesuai KKNI. | Peninjauan dan pengembangan Kurikulum | 1.    Pelatihan Penyusunan Kurikulum sesuai dengan KKNI (di bagi berdarkan 5 profi yang ada di Fakultas)
2.    Peninjauan keselerasan mata kuliah pilihan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pada masing-masing kelimuan 3.    Penyusunan Kurikulum berdasarkan KKNI 4.    Benchmarking |
Penyesuaian Kurikulum Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi | 1.    Penyelarasan aturan SKS dan mata kuliah pada program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial, Bahasa dan Sastra
2.    Survei Pengguna Lulusan terhadap Kurikulum yang telah dilaksanakan 3.    Penyesuaian Learning Outcomes Level 8 untuk program studi Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial, Bahasa dan Sastra |
||
3 | Peningkatan pelayanan kepada mahasiswa | Meningkatkan layanan akademik | 1.    Pencapaian rasio dosen dan rasio mahasiswa
2.    Pembelajaran berbasis e-learning 3.    Penyediaaan bahan ajar dalam bentuk digital dan web 4.    Penyediaan sarana dan prasarana penunjang akademik 5.    Pengembangan sistem layanan akademik online |
4 | Peningkatan pembelajaran berbasis ICT | Meningkatkan dosen yang menguasai LMS | Pelatihan LMS bagi dosen |
C.   Bidang Pengelolaan Keuangan | |||
1
|
Adanya laporan keuangan yang tepat waktu serta kredibel | Pendataan Asset | 1.    Melakukan inventarisasi sarana dan prasarana
2.    Melakukan appriasal terhadap aset yang telah diinventarisasi |
Penyusunan laporan keuangan | 1.    Membuat jurnal, buku besar dan jurnal penyesuaian
2.    penyusunan neraca dan l/r 3.    penyusunan catatan laporan keuangan |
||
2 | Penyusunan RKAT sesuai dengan kebutuhan | Penyusunan Standar RKAT | Penerbitan dan sosialisasi manual pelaksanaan Standar RKAT |
Pelibatan semua stakeholder | 1.    Penyusunan dimulai dari bottom-up
2.    Penyusunan RKAT 3.    Alokasi anggaran berdasarkan RKAT |
||
D.   Bidang Sumber Daya | |||
1 | Terwujudnya sistem manajemen sumber daya manusia yang kredibel | Peningkatan kuantitas dan kualitas dosen | 1.    Rekruitmen dosen sesuai kebutuhan dengan memerhatikan rasio dosen-mahasiswa
2.    Peningkatan jabatan akademik dosen 3.    Peningkatan jumlah dosen berkualifikasi S-3 4.    Menyasar jabatan Guru Besar 5.    Peningkatan jumlah dosen bersertifikasi profesional 6.    Pelatihan pekerti |
2 | Peningkatan sarana dan prasarana | Meningkatkan prasarana fisik | 1.    Peningkatan ruang dosen di lingkungan Falkultas
2.    Penataan ruang parkir 3.    Rehabilitasi Gedung |
Meningkatkan sarana administrasi | Pelengkapan alat perkantoran dan meubel | ||
Meningkatkan sarana pendukung pembelajaran | Melengkapi sarana pembelajaran: projektor dan papan tulis | ||
Mengembangkan laboratorium | 1.    Upgrading peralatan laboratorium
2.    Pengadaan laboratorium penunjang pembentukkan kompetensi utama |
||
3 | Peningkatan pemanfaatan teknologi informasi | Update web dan Wi-Fi | 1.    Peningkatan bandwith
2.    Memperluas jaringan dan jangkauan hotspot |
Mengembangkan sistem informasi | 1.    Pengembangan sistem informasi akademik bebasis web
2.    Pengembangan sistem informasi keuangan bebasis web 3.    Pengembangan sistem informasi kepegawaian bebasis web 4.    Pengembangan sistem informasi kemahasiswaan bebasis web 5.    Pengembangan sistem informasi ruang dan lahan bebasis web 6.    Evaluasi sistem informasi |
||
Mengembangkan media informasi elektronik | Penerbitan jurnal online, penerbitan digital library, penerbitan bahan ajar online | ||
E.    Bidang Sistem Penjamian Mutu | |||
1 | Terwujudnya sistem penjaminan internal mutu yang kredibel yang dan komprehensif, mencakup SN Dikti, Standar Turunan SN Dikti, dan Standar PT | Kebijakan sistem penjaminan mutu | 1.    Pembuatan dokumen prosedur penjaminan mutu
2.    Evaluasi Manajemen Internal Program Studi di Lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan, Sosial dan Bahasa |
Kelembagaan penjaminan mutu | Pembuatan Dokumen Standar dan manual pelaksanaan serta melengkapi struktur gugus kendali mutu | ||
2 | Memiliki Standar ISO 9001:2015 | Membentuk tim | Membentuk MR |
Penyusunan aktivitas ISO | Diagnostic Assessment, System Development, Implementation and Socialization, Internal Audit, Certification Process | ||
F.    Bidang Kemahasiswaan dan Alumni | |||
1 | Pengembangan organisasi mahasiswa | Penguatan kehalian kerorganisasian | Seminar, lokakarya, dan pelatihan keorganisasian |
2 | Peningkatan peran aktif Ikatan Alumni dalam pengembangan dan kegiatan Fakultas | Inventarisasi data alumni | Pembuatan direktori alumni |
Peningkatan hubungan alumni dengan Fakultas | Kegiatan reuni alumni |