Visi: “Menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra yang unggul dan berkualitas di tingkat nasional pada tahun 2028”

 

 

Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran FPISBS IPI Garut dilaksanakan melalui mekanisme yang ditetapkan dalam Standard Operating Procedure (SOP) IPI Garut, yang mengacu kepada Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta strategi Kebijakan IPI Garut yang termuat dalam Rencana Strategis Institut Pendidikan Indonesia 2018-2022 dengan melibatkan berbagai pihak termasuk pihak pengguna, alumni, perwakilan mahasiswa, dosen di lingkungan Fakultas, tenaga pakar, pimpinan rektorat, dan perwakilan Yayasan Griya Winaya Garut. Visi yang ditetapkan memiliki beberapa makna yaitu:

  • Fakultas yang Unggul

Berarti FPISBS IPI Garut menyelenggarakan pendidikan kualitas dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing melebihi pencapaian dari fakultas-fakultas serupa di peguruan tinggi lain.

  • Bidang Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra

Berarti bahwa FPISBS IPI Garut berfokus pada pengembangan dan pendidikan ilmu sosial, bahasa dan sastra.

  • Tingkat Nasional

Berarti bahwa FPISBS IPI Garut menjadi fakultas yang unggul pada tataran nasional.

  • Tahun 2028

Berarti bahwa Tahun 2028 merupakan waktu pencapaian Visi FPISBS IPI Garut yang dengan periode pengembangan dari tahun 2018-2028 yang terbagi dalam dua rencana strategis.

Visi tersebut telah memenuhi unsur SMART yakni : (1) Specific, dengan visi tersebut diharapkan menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra  Institut Pendidikan Indonesia Garut memiliki kekhususan dalam pengembangan dunia pendidikan di bidang keguruan yang mempunyai daya saing dalam mewujudkan masyarakat yang ilmiah, (2)  Measurable, visi Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra  Institut Pendidikan Indonesia Garut yang dirumuskan dapat terukur dan dirasakan baik ditinjau dari cakupan dan dimensi waktu, sehingga bukan hanya sepenuhnya berupa khayalan. Untuk selalu dapat memenuhi standar ukuran, maka benchmarking selalu dilakukan dengan cara melakukan monitoring dan evaluasi secara berkesinambungan dan membuka wawasan dengan melakukan studi banding di dalam dan luar negeri, (3) Achievable, visi tersebut dapat terjangkau dan terwujud. Mendasarkan kondisi sebelumnya sebagai base line, yaitu tersedianya infrastruktur dan sumber daya manusia yang cukup, (4) Rational, visi tersebut tidak terlalu berlebihan, karena bersifat khusus (specific), dapat diukur (measurable) dan dapat diwujudkan (achievable). Kekhususan Tingkat keterukuran visi ditunjukkan oleh penetapan dan pencapaian standar mutu baik akademik dan non akademik, (5) Timelines, Untuk mewujudkan visi tersebut dibuat Rencana Strategis Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra  Institut Pendidikan Indonesia Garut.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Penvcapaian sudah memiliki visi yang sangat jelas dan realistik, karena disusun melalaui mekanisme yang jelas dengan melibatkan berbagai pihak sehingga visi, misi, tujuan dan sasaran bersifat spesifik, dapat diukur, rasional, dan mempunyai jangkauan waktu serta diimplemtasikan dalam Rencana Strategis Fakultas.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang pendidikan ilmu sosial, bahasa dan sastra sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan masyarakat jawa barat pada khususnya.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan ilmu sosial, bahasa dan sastra yang berkualitas
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memecahkan dan membantu mengatasi masalah-masalah bidang pendidikan ilmu sosial, bahasa dan sastra.
  4. Membangun jejaring melalui kerjasama dalam bidang Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra.